Senin, 25 April 2011

Mengejar Tugas Di Siang Hari, ”karena” Handphone Dan Dampaknya



Oleh : Meymila Syifa Isnu

”Akhirnya kuliah hari ini selesai juga”, ucap ku dalam hati.

Setelah selesai perkuliahan hari ini, aku memang sudah berniat untuk mengerjakan salah satu tugas kuliah ku di mata kuliah Produksi Siaran Radio yang mengharuskan aku mewawancarai beberapa orang sebagai narasumberku. Aku mengambil tema ”Dampak Maraknya Handphone”. Walaupun waktu mengumpulkan tugas masih satu minggu lagi, tapi masih banyak proses yang harus dilewati, setelah wawancara lalu direkam di lab radio kampus lalu diedit dengan menggunakan software Cool edit pro.


”hari ini aku harus wawancara, pokoknya harus dapat”, pikir ku



Lalu aku menuju lab milik jurusan ilmu komunikasi di kampus untuk meminjam tape recorder. Setelah aku mendapatkan izin peminjaman tape recorder, aku berpamitan kepada kedua sahabatku lintang dan ines untuk pulang duluan dan segera memasukkan tape recorder beserta kasetnya kedalam tas ku. akupun bergegas pulang ke rumah untuk menemui temanku, Ingge Elisa yang biasa disapa Lisa. Rumah Lisa berada tepat disamping rumahku, sebelumnya aku sudah membuat janji dengannya untuk aku wawancarai. Dan kebetulan dia sudah pulang kuliah.

Aku pulang sehabis adzan dzuhur, sekitar jam setengah satu. Cuaca siang ini sangat panas. Hufff ...aku menghela nafas, Matahari berada tepat diatasku. Aku menunggu angkot di depan halte bus kampus. Sebelum sampai di halte aku harus menyebrang jalan.

”Huhhh .. susah banget mau nyebrang, angkotnya rusuh nihh bikin ribet”, kesalku dalam hati.

Akhirnya aku berhasil menyebrang dan duduk di halte. Beberapa  orang terlihat berlalu lalang menutupi kepalanya dengan tangan karena kepanasan. Disampingku ada seorang penjual tahu sumedang dengan topi berwarna hitam, mengenakan baju coklat, dan celana bahan hitam dan sandal jepit kira-kira umurnya 45 tahunan ia sedang duduk beristirahat sambil mengelap keringat dengan handuk yang ada dilehernya. mungkin karena lelah dan kepanasan juga.

 ”Wushh..wushh.. Bisingnya suara kendaraan lewat dengan cepatnya dihadapanku menemaniku siang itu. Asap hitam dari bus membuatku sedikit sesak. ”Hahhhh polusi dimana-mana”. Keluhku.

tinn...tinnnn..tinnn.. beberapa suara kendaraan yang membunyikan klakson ke mobil angkot yang sembarangan berhenti membuat pandanganku beralih ke arah mobil yang membunyikan klakson tersebut.

”angkot bikin macet”, ujarku dalam hati.

Akhirnya angkot yang aku tunggu-tunggu datang. Aku langsung manaikinya.

Akupun tiba di pom bensin dekat rumah. Aku biasa turun disini karena dekat dengan rumahku. Aku harus berjalan sedikit untuk sampai ke rumah kira-kira 100 meter. Tes..tes..keringat mulai membasahi bajuku. Dan akhirnya aku sampai dirumah. Aku langsung mengganti baju kuliahku dengan kaos warna merah dan celana warna ungu tua serta menguncir rambutku, mencuci muka, lalu menggenakan sandal berwarna kuning sambil memegang tape recorder beserta kertas dan pulpen lalu pergi ke rumah temanku.

”Lisa .. Lisa...” panggilku

Lisa dengan rambut dikuncir dan poni yang dijepit kebelakang karena merasakan cuaca panas siang itu, ia mengenakan baju putih polos dan celana pendek hitam sedengkul menghampiri aku dan membukakan pintu pagar rumahnya.

”masuk mil” sahut lisa.
Aku masuk kedalam rumahnya.

”langsung aja yah gw wawancarain sekarang?”. Tanya ku
”yaudah deh”, jawabnya
Aku tidak perlu memperkenalkan diri dan bertanya jauh tentang diri Lisa, karena aku tahu banyak dari kecil jadi aku langsung memulai ke inti wawancaranya.

Aku siapkan kaset untuk aku masukkan ke dalam tape recorder dan lalu aku tekan tombol warna merah untuk merekam. Akupun memulai wawancara siang itu.
”sudah berapa lama menggunakan HP?” tanyaku
”dari SMP kelas 2” ,jawabnya
”bagaimana menurut kamu apa kelebihan dan kekurangan Handphone?”
”kelebihannya jadi gampang sekarang komunikasi sama siapa saja dan dimana saja, bisa dengerin musik juga lagi, terus bisa internetan jadi ga harus ke warnet. Tapi kekurangannya kita jadi boros soalnya harus ngisi pulsa terus.. hehehe ”ujarnya sambil sedikit tertawa.
”lalu apa kamu tau HP memiliki dampak baik positif maupun negatif?”
”dampak positifnya hampir mirip sama kelebihannya, jadi serba gampang sekarang akses informasi. Tapi dampak negatifnya jadi banyak kejahatan kaya pencurian, perampokan HP terus karna gampang akses internet jadi banyak yang salah gunain misalnya akses video porno gitulah. Udah gitu bisa bikin autis, gara-gara pegang HP. Maunya sms-an,atau Fb-an terus. Jadi lupa ngapa-ngapain. Terus buat kesehatan juga ga bagus, radiasinya itu, makanya kalo tidur pasti HP dimatiin, salah satu cara pencegahannya” jelasnya.

Oke .. cukup lalu aku tekan tombol stop. Aku menyudahi wawancara siang itu.

“Makasih banyak yah Lis..”
“Sama-sama”
Lalu aku pamit pulang.

Sesampainya dirumah aku berfikir ”siapa lagi yah yang aku wawancarain”.
”Hmmm.... mama aja. Tadi kan dari pandangan mahasiswa sekarang Ibu rumah tangga, kan mama pake HP”, kataku dalam hati.

Aku menghampiri mama yang sedang tiduran di ruang TV sambil menonton acara Bingkai Berita di Trans TV. Hari itu mama memakai baju daster berwarna hitam bermotif pulkadot putih, dengan rambut yang dikuncir, dan kipas angin berwarna hijau yang mengarah langsung ke arah mama.
”ma, aku wawancara yah buat tugas aku. Cuma tentang HP kok, gampang kan ??” rayu ku.
”tapi yang gampang pertanyaannya yah” pinta mama
”iya” tutur ku
Akupun sama sudah tahu tentang diri mama jadi aku tidak bertanya lagi sama seperti Lisa.

”mama kan pengguna HP, menurut mama HP punya dampak nggak buat penggunanya?”, pertanyaan yang aku ajukan ke mama langsung kepada pokok permasalahannya biar singkat dan cepat.
”ohh... apa yahh? Iya lah jadi gampang ngubungin saudara-saudara yang di luar kota.” jawab mama.
”terus dampak negatifnya ada nggak?” tanyaku lagi
”yah ada lah. Waktu itu mama nonton di TV katanya bisa ngerusak kesehatan apalagi kalo suka ditaro dikantong celana, katanya bisa bikin mandul cowok. Soalnya spermanya kualitasnya menurun soalnya ada apa tuh namanya??”
”radiasi”, tanyaku
”iya radiasi itulah” tambah mama.

Udah ma. Oke! Makasih ma. Aku mematikan tape recordernya. Aku berjalan menuju kamar, pintu warna hijau kamarku terbuka lebar seakan-akan memanggilku untuk segera masuk untuk menghilangkan gerah dibadanku. Aku masuk ke dalam kamar, dinding wallpaper catur (hitam-putih) ku menyambut. Lalu aku menyalakan kipas angin dan naik ke atas tempat tidurku yang sprei, sarung bantal, sarung guling dan bad cover nya bermotif strawberry.  Lalu aku memutar tape recorder dan mendengarkan hasil wawancaraku.

Dari hasil wawancaraku, aku mengambil kesimpulan kehadiran Handphone saat ini menimbulkan berbagai dampak baik positif maupun negatif. Dampak positifnya kita dapat mengakses berbagai informasi dan dapat dengan mudah menghubungi orang lain dimana saja dan kapan saja. Dampak negatifnya bisa menimbulkan berbagai permasalahan mulai dari kesehatan (menurunnya kualitas sperma yang dapat mengakibatkan kemandulan pada pria), kejahatan (banyaknya bisnis illegal HP, perampokan, pencurian dll) dan sosial (HP dapat membuat orang berlaku konsumtif, dan banyak masyarakat lebih memilih membaca sms daripada buku).

”Yahh.. aku berharap hasil wawancaraku hari ini memberikan hasil optimal untuk tugasku”. Harapku.




0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More